gambar
 
 

Jumat, 07 Juni 2013

Artikel tentang Telepon Genggam




Perubahan zaman yang dipengaruhi oleh perkembangan Teknologi yang semakin canggih ini membuat kebudayaan social masyarakat dunia berubah drastis. Tidak hanya itu saja, pengaruh dari perkembangan teknologi juga mengubah pola fikir masyarakat dunia yang semakin maju dan cerdas. Setiap orang yang memahami akan perkembangan teknologi ini, akan secara sadar memahami dan meyakini adanya perubahan pola hidup dan cara berkomunikasi mereka.
Berbagai alat atau media komunikasi yang mengubah pola hidup masyarakat secara drastic adalah dengan berkembangnya media komunikasi bernama Hand Phone atau dalam bahasa Indonesia yang berarti telepon genggam. Media yang satu ini memang tidak bisa lepas dari keseharian setiap orang, bahkan terdapat beberapa orang yang serba ketergantungan dengan telepon genggam.
Telepon pada awalnya hanya digunakan sebagai media komunikasi pada umumnya saja, namun semakin lama, dengan berkembang pesatnya teknologi membuat telepon genggam tidak hanya menjadi alat komunikasi semata, namun menjadi stylist beberapa orang yang sangat ketergantungan akan adanya telepon genggam..
Kini kita dapat melihat sendiri perkembangan telepon genggam, dari mulai jaringannya, hingga fiitur-fitur yang menarik perhatian masyarakat sebagai hiburan. Dan kini telepon genggampun dilengkapi denngan media interet yang memudahkan mereka untuk berkomunikasi denga orang banyak, kapanpun dan dimanapun dengan biaya yang terjangkaw tanpa harus mencari Warnet (warung internet). Kecanggihan serba kelengkapan fitur-fitur membuat masyarakat di dunia menjadi serba ketergantungan akan adanya telepon genggam.
Tidak hanya itu saja, peda awalnya telepon genggam hanya dimiliki oleh orang dewasa saja karena untuk kepentingan kera, namun kini anak-anakpun memiliki alat ini sebagai sarana komunikasi dan untuk sarana hiburan, dan yang terpenting untuk sekedar gaya saja, sebab masa kanak-kanak hingga remaja identik dengan pergaulan yang menurut mereka penting untuk melihat gaya dan stylis mereka untuk ditunjukan kepada teman-teman mereka.

Pengaruh Psikologis

Dengan adanya telepon genggam, dapat mengubah pola hidup dan komunikasi sebuah keluarga. Telepon genggam dapat mangubah pola hidup dan komunikasi keluarga disebabkan dengan sikap individualis setiap anggota keluarga. Itu bias saja terjadi, sebab jika seseorang sibuk dengan dirinya sendiri, apalagi sambil bermain-main dengan telepon genggam, maka orang tersebut akan mengabaikan keadaan atau lingkungan disekitarnya.
Lihat saja, bahkan di salah satu iklan kartu telepon digambarkan satu keluarga sibuk dengan telepon genggamnya. Iklan tersebut justru dapat menggambarkan dengan jelas, bahwa telepon gengga akan memberikan jarak bagi komunikasi anggota keluaga. Sebab, komunikasi yang terjalin, akan membuat pola hidup suatu keluarga.
Jikdisetiap anggota keluarga hanya bias menyibukan diri dengan telepon genggam atau sangat ketergantungan dengan telepon genggam, maka tidak dapat dipungkiri berlangsungnya komunikasi atau terjalinnya komunikasi di keluarga tersebut akan tterdapat sebuah jarak atau dapat tertunda. Akibat dari tertundanya komunikasi tersebut, maka akan mengubah pola hidup keluarga tersebut, dari mulai proses komunikasinya, keharmonisan keluarganya, biaya rumah tangga yang melonjak naik (karena harus membeli pulsa), serta hubungan yang terjalin dikeluarga tersebut dapat renggang karena keadaan psikologis mereka yang disebabkan dari sikap individualis dan ach tak acuh.
Sekarang bahaimana dampaknya terhadap remaa dana anak-anak? Itu sangat jelas terbukti, bahwa telepon genggam akan mengubah sikap dan perilaku mereka sehari-hari. Setiap anak yang ketergantungan dengan telepon genggam, maka biasanya dia selalu berubah menjadi anak yang individualis (jika dia mendapat suatu masalah), dia lebih suka mengurung diri di kamar dengan memainkan telepon genggamnya, serta biasanya anak tersebut lebih agresif, egois dan lebih stylis.
Semua perubahan itu bias terjadi kepada siapa saja, bahaya yang dapat dirasakan terhadap anak-anak adalah, biasanya mereka jadi malas untuk belajar. Hal itu bias saja terjadi bbagi orrangtua yang kurang emperhatikan anak-anak mereka. Sebab perhatian orang tua menadi sandarac baggi kehidapn anak-aanaknya.
Selain itu juga, cara mengatasi kebiasaan buruk dari adannya telepon genggaam, sibisa mungkin orangtua mengawasi perilaku anaknya, serta biasakkan menyempatkan diri untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga lain, sebab jika tidak diusahan, maka dampak psikologis dari keberadaan telepon genggam akan terasa sangat menyulitkan dan memberikan jarak komunikasi secara face to face.

Dari Pemulung Hingga Pejabat

Telepon genggam kini sudah dimiliki oleh siapapun dan dari golongan manapun atau dari status social manapun di seuluruh dunia. Kini kita bias melihat semua orang, dari golongan manapun memiliki telepon genggam di tangan atau saku mereka. Itu dapatt dengan jelas kita saksikan di kehidupan sehari-hari.
Dahulu hanya orang-orang berduit yang memiliki telepon genggam, sebab harganya yang mahal serta barangnya yang langka. Namun kini kita bias melihat bahwa ttelepon genggampun kini dimiliki oleh orang-orang yang ekonominya serba kurang atau dibawah garis kemiskinan, mulai dari pemulung, tukang beca hingga pedagang kaki lima.
Persaingan yang ketat di setiap perusahaan telepon genggam, membuat para inpestor memutar otak mereka, agar produk mereka laku terjual di masyarakat. Sehingga pada akhirnya kini telepon genggam bias dibeli dengan harga yang murah dan denga fitur-fitur yang lengkap yang pasti akan disukai oleh setiap orang dari golongan manapun.
Telepon genggam kini bisa dinikmati oleh setiap orang. Dari mulai golongan bawah hinggaa olongan bbangsawan. Serta dengan adanya persaingan di dunia bisnis telepon genggam membuat para inpfestor harus dengan giat mmemasarkan produk mereka secara intens dan meluas.
Dan kini bagaimana sikap kita dalam menggunakan telepon genggam sbagai media komunikasi. Kita bisa cari  manfaat dari adanya telepon genggam untuk kemaslahatan dan kebahagian kita, namun kita tidak lupa pada kodrat kita sebagai mahluk yang tidak lepas dari komunikasi.
.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design By Dytoshare - Published By MIFTAH.US